Kawal REFORMASI
Perbaiki BIROKRASI

Hunting: (021) 2991 2450 ext. 0936

info-rb@lkpp.go.id

Pelayanan Publik

Kegiatan Area Pelayanan Publik

Tujuan dari program ini adalah untuk mengelola perubahan mekanisme kerja, pola pikir dan budaya kerja birokrasi secara sistematis dan konsisten sehingga pelaksanaan reformasi birokrasi LKPP dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan. Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan program ini antara lain:

1). Meningkatnya komitmen LKPP dalam melakukan reformasi birokrasi;
2). Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja (mental) birokrasi di LKPP;
3). Menurunnya risiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan.

Kegiatan yang dapat diidentifikasi adalah:
1). Pengembangan nilai-nilai untuk menegakkan integritas;
2). Pembentukan agen perubahan yang dapat mendorong terjadinya perubahan pola pikir.

1). Program dan Kegiatan Reformasi Birokrasi

No Program dan Kegiatan Reformasi Birokrasi Rencana Waktu Pelaksanaan dan Kriteria Keberhasilan (Tahun)
2015 2016 2017 2018 2019 Kriteria Keberhasilan
1 Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP – One Stop Service) di LKPP. Diterapkannya PTSP di LKPP.
2 Percepatan pelayanan di LKPP. Diterapkannya percepatan pelayanan berbasis teknologi informasi.
3 Deregulasi dalam rangka mempercepat proses pelayanan di LKPP. Ditetapkannya deregulasi dalam rangka mempercepat proses pelayanan di LKPP.
4 Pengembangan teknologi informasi dalam rangka mempercepat proses pelayanan di LKPP. Diterapkannya percepatan pelayanan berbasis teknologi informasi.

2). Rencana Aksi

No Rencana Aksi Kegiatan Output Batas Waktu
1

Perumusan standar layanan LKPP mencakup :

1. Maklumat pelayanan LKPP

2. Sistem punishment (sanksi)/reward bagi pelaksana layanan

3. Tindak lanjut atas seluruh pengaduan pelayanan untuk perbaikan kualitas pelayanan

Evaluasi terhadap standar pelayanan saat ini

 

Minggu ke-IV bulan Maret 2018

 

2

Reviu dan perbaikan secara berkala, terhadap:

1. Standar pelayanan LKPP

2. SOP

3. Evaluasi penanganan keluhan/pengaduan

4. Perbaikan evaluasi pemanfaatan TI

Pertemuan rutin yg dilakukan secara berkala (Triwulanan)

  Dilakukan secara berkala (Triwulanan)
3 Pelatihan/sosialisasi terkait "upaya penerapan budaya pelayanan prima" Mengundang narasumber dari Kemenpan dan profesional   Mei 2018
4

Optimalisasi penerapan teknologi dalam memberikan pelayanan

Koordinasi dengan BHSIK dan UKE II pemilik layanan   Juli 2018
5

Integrasi sistem IT untuk menunjang pelayanan publik di LKPP

Penerapan teknologi yang terintegrasi dalam memberikan pelayanan   April 2018
6

Survei kepuasan masyarakat akan dilakukan secara berkala (triwulanan)

Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat secara berkala (Triwulanan)   Dilakukan secara berkala (Triwulanan)

3). Lembar Kerja Evaluasi

No Aspek Penilaian Penjelasan Kondisi Saat Ini Data Dukung
1. STANDAR PELAYANAN
a.  Terdapat kebijakan standar pelayanan Telah terdapat kebijakan standar pelayanan yang mencakup kejelasan biaya, waktu, persyaratan perijinan Ya Keputusan Kepala LKPP Nomor 151 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan di LKPP 
b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan Standar pelayanan telah dimaklumatkan pada seluruh jenis pelayanan A Maklumat Standar Pelayanan Publik di LKPP
c. SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan pada seluruh jenis pelayanan  A Keputusan Kepala LKPP Nomor 151 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan di LKPP 
d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan Telah dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan secara berkala dan dilakukan dengan melibatkan stakeholders A Notulensi Rapat Reviu SK Standar Pelayanan LKPP
e.  Dilakukan reviu dan perbaikan atas SOP Telah dilakukan reviu dan perbaikan SOP secara berkala
 
A Laporan SOP ISO
2. BUDAYA PELAYANAN PRIMA
a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima (contoh: kode etik, estetika, capacity building, pelayanan prima) Sebagian besar sosialisasi/pelatihan telah dilakukan dalam upaya penerapan budaya pelayanan prima
 
B Laporan Pelatihan Penerapan Budaya Pelayanan Prima
b.  Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media Informasi pelayanan dapat diakses melalui berbagai media (misal: papan pengumuman, website, media sosial, media cetak, media televisi, radio dsb) A Screenshoot Laman Website LKPP 
c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar Belum terdapat sistem sanksi/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar C -
d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi Sebagian besar pelayanan sudah dilakukan secara terpadu B

Foto Ruangan PTSP

e. Terdapat inovasi pelayanan Telah terdapat bukti inovasi pelayanan yang diciptakan dan bermanfaat bagi penerima pelayanan Ya

Screenshoot laman berita terkait Penghargaan Top IT dan Telko 2017

Screenshoot laman berita terkait penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (E-Lelang Cepat)

3. PENGELOLAAN PENGADUAN
a. Terdapat media pengaduan pelayanan Telah ditetapkan media pengaduan pelayanan secara jelas dan terbuka Ya

Screenshoot WBS Internal LKPP

Screenshoot Helpdesk LKPP

b. Terdapat SOP pengaduan pelayanan Terdapat SOP pengaduan pelayanan secara komprehensif A

SOP WBS Internal LKPP

SOP Helpdesk LPSE

c. Terdapat unit yang mengelola pengaduan pelayanan Telah ditetapkan unit pengelola pengaduan Ya SK Pengelolaan Pengaduan
d. Telah dilakukan tindak lanjut atas seluruh pengaduan pelayanan untuk perbaikan kualitas pelayanan Telah dilakukan tindak lanjut atas sebagian besar pengaduan pelayanan untuk perbaikan kualitas pelayanan B

Laporan Pengaduan Pelayanan Pusdiklat

Laporan Helpdesk LKPP

e. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan / masukan Evaluasi atas penanganan keluhan / masukan dilakukan secara berkala A

Laporan Penanganan Keluhan dari Direktorat SPSE

Laporan Penanganan Keluhan dari Pusdiklat

Laporan Penanganan Keluhan dari Sertifikasi Profesi

4. PENILAIAN KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN     
a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dilakukan secara berkala A

Laporan Pelaksanaan SKM

Kuesioner SKM

b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka Tersedia media untuk mengakses data hasil survey dengan mudah Ya Screenshoot Laman Website LKPP 
c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat Dilakukan tindak lanjut atas sebagian besar hasil survey kepuasan masyarakat B Laporan Tindak Lanjut Hasil SKM
5. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI    
a. Telah memiliki rencana penerapan teknologi informasi dalam pemberian pelayanan Terdapat Rencana penerapan teknologi informasi dalam pemberian pelayanan Ya

Screenshoot Website PPSDM

b. Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan Sebagian besar pelayanan telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan B Screenshoot Pelayanan Publik yang telah menerapkan Teknologi Informasi
c. Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus Perbaikan dilakukan secara terus-menerus A

Laporan Pengembangan SPSE

Laporan Pengembangan Katalog

Laporan Pengembangan SiRUP

Laporan Pengembangan JDIH

Laporan Pengembangan PPSDM

Cap

Scroll Up
X