Kawal REFORMASI
Perbaiki BIROKRASI

Hunting: (021) 2991 2450 ext. 0936

info-rb@lkpp.go.id

Manajemen Perubahan

Kegiatan Diskusi Area Manajemen Perubahan

Tujuan dari program ini adalah untuk mengelola perubahan mekanisme kerja, pola pikir dan budaya kerja birokrasi secara sistematis dan konsisten sehingga pelaksanaan reformasi birokrasi LKPP dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan. Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan program ini antara lain:

1). Meningkatnya komitmen LKPP dalam melakukan reformasi birokrasi;
2). Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja (mental) birokrasi di LKPP;
3). Menurunnya risiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan.

Kegiatan yang dapat diidentifikasi adalah:
1). Pengembangan nilai-nilai untuk menegakkan integritas;
2). Pembentukan agen perubahan yang dapat mendorong terjadinya perubahan pola pikir.
 

1). Program dan Kegiatan Reformasi Birokrasi

No Program dan Kegiatan Reformasi Birokrasi Rencana Waktu Pelaksanaan dan Kriteria Keberhasilan (Tahun)
2015 2016 2017 2018 2019  Kriteria Keberhasilan
1 Pengembangan nilai-nilai untuk menegakkan integritas Terselenggaranya sosialisasi dan internalisasi dalam rangka pembangunan komitmen dalam rangka reformasi birokrasi.
2 Pembentukan agen perubahan yang dapat mendorong terjadinya perubahan pola pikir Ditunjuknya beberapa pejabat yang menjadi agen perubahan (role models) di area tertentu dalam reformasi birokrasi dan terbentuknya tim agent of change di area-area perubahan.

 

2). Rencana Aksi

No Rencana Aksi Kegiatan Output Batas Waktu
1 Perubahan Tim RB Rapat pembahasan penyusunan SK Tim RB (Tim Pelaksana RB dan Tim Penilai) beserta pendefinisian tugas dan fungsi masing-masing tim SK Sestama Tim RB September 2018
2 Prosedur/mekanisme kerja Tim RB Menyusun prosedur/mekanisme kerja masing-masing Tim RB. Prosedur/mekanisme kerja masing-masing Tim RB :
- SOP perencanaan 
- SOP pelaksanaan tugas dan fungsi
 - SOP monitoring dan evaluasi.
Oktober 2018

 

3). Lembar Kerja Evaluasi (LKE)

No Aspek Penilaian Penjelasan Kondisi Saat Ini Data Dukung
1 Tim Reformasi Birokrasi
a Tim Reformasi Birokrasi telah dibentuk a. Telah membentuk Tim Reformasi Birokrasi sesuai kebutuhan organisasi
b. Telah membentuk Tim Reformasi Birokrasi namun belum sesuai kebutuhan organisasi
c. Belum membentuk Tim Reformasi Birokrasi
A Surat Tugas Kepala Nomor 67/KA/02/2018
b

 

Tim Reformasi Birokrasi telah melaksanakan tugas sesuai rencana kerja Tim Reformasi Birokrasi

 

a. Seluruh tugas telah dilaksanakan oleh Tim Reformasi Birokrasi sesuai dengan rencana kerja
b. Sebagian besar tugas telah dilaksanakan oleh Tim Reformasi Birokrasi sesuai dengan rencana kerja
c. Sebagian kecil tugas telah dilaksanakan oleh Tim Reformasi Birokrasi sesuai dengan rencana kerja
d. Seluruh tugas belum dilaksanakan oleh Tim Reformasi Birokrasi sesuai dengan rencana kerja

 

B

 

 

1. Rencana aksi kegiatan RB
2. Laporan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi tahun 2017

c

 

 

Tim Reformasi Birokrasi telah melakukan monitoring dan evaluasi rencana kerja, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjuti

 

a. Seluruh rencana kerja telah dimonitoring dan di evaluasi, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjuti
b. Sebagian besar rencana kerja telah dimonitoring dan di evaluasi, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjuti
c. Sebagian kecil rencana kerja telah dimonitoring dan di evaluasi, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjuti
d. Seluruh rencana kerja belum dimonitoring dan di evaluasi

B

 

 

Laporan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi tahun 2017

 

 

2 Road Map Reformasi Birokrasi
a

 

Road Map telah disusun dan diformalkan

 

 

Road Map telah disusun dan ditetapkan sebagai dokumen formal

Ya

Keputusan Kepala Nomor 58 Tahun 2016 Road Map RB 2015-2019

 

b

 

Road Map telah mencakup 8 area perubahan

 

 

a. 4 area atau lebih
b. 1-3 area
c.  tidak ada

A

 

Keputusan Kepala Nomor 58 Tahun 2016 Road Map RB 2015-2019

c

 

Road Map telah mencakup "quick win"

 

 

a. Quick win ada sesuai dengan ekspektasi dan dapat diselesaikan dalam waktu cepat 
b. Quick win ada tapi tidak sesuai dengan ekspektasi atau tidak dapat diselesaikan dalam waktu cepat
c. Belum ada quick win

A

 

Keputusan Kepala  Nomor 58 Tahun 2016 Road Map RB 2015-2019

d

 

Penyusunan Road Map telah melibatkan seluruh unit organisasi

 

 

a. Seluruh unit organisasi telah dilibatkan dalam penyusunan Road Map
b. Sebagian besar unit organisasi telah dilibatkan dalam penyusunan Road Map
c. Sebagian kecil unit organisasi telah dilibatkan dalam penyusunan Road Map
d. Belum ada organisasi yang  dilibatkan dalam penyusunan Road Map 

A

 

Rapat Arah Kebijakan Pimpinan Dalam Penyusunan Road Map

e Telah terdapat sosialisasi/internalisasi Road Map kepada anggota organisasi

a. Seluruh anggota organisasi telah mendapatkan sosialisasi dan internalisasi Road Map
b. Sebagian besar anggota organisasi telah mendapatkan sosialisasi dan internalisasi Road Map
c. Sebagian kecil anggota organisasi telah mendapatkan sosialisasi dan internalisasi Road Map
d. Seluruh anggota organisasi belum mendapatkan sosialisasi dan internalisasi Road Map

A

Paparan Sosialisasi Road Map RB

Foto Sosialisasi Road Map RB

 

3 Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi
a

 

 

PMPRB telah direncanakan dan diorganisasikan dengan baik

 

a. Seluruh PMPRB telah direncanakan dan diorganisasikan dengan baik
b. Sebagian besar PMPRB telah direncanakan dan diorganisasikan dengan baik
c. Sebagian kecil PMPRB telah direncanakan dan diorganisasikan dengan baik
d. Seluruh PMPRB belum direncanakan dan diorganisasikan dengan baik

 

A

 

1. Surat Tugas Sestama Nomor 1430/Ses/03/2017 Tanggal 27 Maret 2017 Perihal melaksanakan tugas sebagai bagian dari Tim RB
2. Surat Tugas Kepala Nomor 67/KA/02/2018
3. Kepka LKPP No 58 Tahun 2016 tentang Road Map Reformasi Birokrasi LKPP Tahun 2015-2019.
4. Surat Tugas Asesor tahun 2017 dan 2018
5. Keputusan Kepala Nomor 58 Tahun 2016 Road Map RB 2015-2019
6. Rencana aksi kegiatan RB
7. Timeline kegiatan RB
8. Laporan kegiatan RB 2017
9. Laporan Evaluasi Pelaksanaan RB dari APIP tahun 2017

b

 

 

Aktivitas PMPRB telah dikomunikasikan pada masing-masing unit kerja

 

a. Seluruh aktivitas PMPRB telah dikomunikasikan pada masing-masing unit organisasi
b. Sebagian besar aktivitas PMPRB telah dikomunikasikan pada masing-masing unit organisasi
c. Sebagian kecil aktivitas PMPRB telah dikomunikasikan pada masing-masing unit organisasi
d. Seluruh akktivitas PMPRB belum dikomunikasikan pada masing-masing unit organisasi

A

 

 

Bahan Paparan, Notulensi, Daftar Hadir, dan Foto terkait RB, yakni:
1. Sosialisasi
2. Coffe Morning
3. Kick off meeting RB th 2018

c

 

Telah dilakukan pelatihan yang cukup bagi Tim Asessor PMPRB

 

 

a. Seluruh Tim Asessor PMPRB telah mendapatkan pelatihan
b. Sebagian besar Tim Asessor PMPRB telah mendapatkan pelatihan
c. Sebagian kecil Tim Asessor PMPRB telah mendapatkan pelatihan
d. Seluruh Tim Asessor PMPRB  belum mendapatkan pelatihan

B

 

 

1. Foto Pelatihan Asesor Tahun 2018
2. Pelatihan Tahun 2018

d

 

Pelaksanaan PMPRB dilakukan oleh Asesor sesuai dengan ketentuan yang berlaku

 

 

a. Terdapat penunjukan keikutsertaan pejabat struktural lapis kedua sebagai asesor PMPRB dan yang bersangkutan terlibat sepenuhnya sejak tahap awal hingga akhir proses PMPRB.
b. Terdapat penunjukan keikutsertaan pejabat struktural lapis kedua sebagai asesor PMPRB, tetapi partisipasinya tidak meliputi seluruh proses PMPRB.
c. Terdapat penetapan pejabat struktural lapis kedua sebagai asesor PMPRB, tetapi fungsi asesor dari unit tersebut dilakukan oleh pegawai lain

B

 

Surat Tugas Asesor tahun 2018
 

e

 

 

Apakah koordinator asesor PMPRB melakukan reviu terhadap kertas kerja asesor sebelum menyusun kertas kerja instansi?

a. Koordinator assessor telah melakukan reviu terhadap seluruh kertas kerja sebelum menyusun kertas kerja instansi
b. Koordinator assessor telah melakukan reviu terhadap sebagian kertas kerja sebelum menyusun kertas kerja instansi
c. Koordinator assessor belum melakukan reviu kertas kerja sebelum menyusun kertas kerja instansi

A

 

Kertas kerja reviu PMPRB oleh Koordinator assessor  dan assessor

f

 

 

Apakah para asesor mencapai konsensus atas pengisian kertas kerja sebelum menetapkan nilai PMPRB instansi?

 

a. Mayoritas koordinator assessor mencapai konsensus dan seluruh kriteria dibahas
 b. Tidak seluruh koordinator  assessor mencapai konsensus dan/atau tidak seluruh kriteria dibahas;
c. Belum ada konsensus yang dicapai oleh para koordinator assessor

B

 

Kertas kerja reviu PMPRB oleh Koordinator assessor  dan assessor

 

g

 

 

Rencana aksi tindak lanjut (RATL) telah dikomunikasikan dan dilaksanakan

 

a. Terdapat Rencana Aksi dan Tindak Lanjut (RATL) yang telah dikomunikasikan dan dilaksanakan
 b. Terdapat Rencana Aksi dan Tindak Lanjut (RATL) namun belum dikomunikasikan dan dilaksanakan
c. Belum terdapat Rencana Aksi Tindak Lanjut (RATL)

B

 

Rencana aksi kegiatan RB

4 Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kinerja
a

 

Terdapat keterlibatan pimpinan tertinggi secara aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi

 

 

a. seluruh jajaran pimpinan tertinggi terlibat secara aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi
b. sebagian besar pimpinan tertinggi terlibat secara aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi
c. sebagian kecil pimpinan tertinggi terlibat secara aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi
d. Seluruh jajaran pimpinan tertinggi belum terlibat secara aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi

A

 

Bahan Paparan, Notulensi, Daftar Hadir, dan Foto terkait RB, yakni:
1. Sosialisasi
2. Coffe Morning
3. Kick off meeting RB th 2018

4. Foto penandatanganan

 

b

 

 

Terdapat media komunikasi secara reguler untuk menyosialisasikan tentang reformasi birokrasi yang sedang dan akan dilakukan

 

a. Ada media komunikasi yang cakupannya menjangkau seluruh pegawai dan pemangku kepentingan terkait serta dilaksanakan secara berkala
b. Ada media komunikasi yang cakupannya menjangkau seluruh pegawai dan pemangku kepentingan terkait
c. Ada media komunikasi yang cakupannya menjangkau seluruh pegawai
d. Ada media komunikasi namun cakupannya terbatas pada pegawai tingkatan tertentu
e. Belum ada media komunikasi untuk mensosialisasikan pelaksanaan reformasi birokrasi

A

 

 

1. Screen Capture Website RB
2. Screen Capture aplikasi Intranet
3. Screen Capture Website LKPP
4. Bahan Paparan, Notulensi, Daftar Hadir, dan Foto terkait RB, yakni:
     a. Sosialisasi Website RB
     b. Coffe Morning

5. Stand Banner

c

 

 

Terdapat upaya untuk menggerakkan organisasi dalam melakukan perubahan melalui pembentukan agent of change ataupun role model

 

a. Sudah terdapat upaya pembentukan Agent of Change secara formal dan sesuai ukuran organisasi, dan sudah mengikuti pelatihan sebagai role model dalam perubahan
b. Sudah terdapat upaya pembentukan Agent of Change secara formal dan sesuai ukuran organisasi
c. Sudah terdapat upaya pembentukan Agent of Change namun secara formal belum dilakukan
d. Belum ada upaya untuk membentuk Agent of Change

B

 

 

SK Tim Agen Perubahan

 

 

Scroll Up
X